Elemen Kunci untuk Desain Exterior Rumah

Spread the love

Anda ingin memiliki desain exterior rumah yang menawan? Artikel ini akan menampilkan beberapa elemen kunci yang dapat Anda gunakan, sehingga tampilan luar rumah Anda akan menjadi lebih menarik.

Mengenal Desain Exterior Rumah

Apakah Anda pernah sangat terkesima, sekaligus terinspirasi akan sebuah desain luar suatu rumah yang sangat memukau?

Kejadian itu sangat familiar dan mungkin terjadi dalam kehidupan kita, ya. Nyatanya desain exterior rumah memiliki daya tarik tersendiri untuk menarik orang hingga memperhatikan, mengambil gambar, berhenti untuk melihat lebih lama, atau menjadikannya panutan mendesain lahannya sendiri.

Baik itu rumah sederhana atau memang sudah mewah, terdapat elemen-elemen kunci yang sebenarnya dapat langsung diandalkan untuk membuat tampilan exterior rumah menjadi lebih menarik. Pada dasarnya, seseorang harus mengerti dan menerapkan prinsip arsitektur yang baik, sehingga exterior rumahnya sendiri dapat terlihat sama menawannya.

Elemen-elemen Kunci Desain Exterior Rumah

Tentunya, akan sangat membantu dan menguntungkan jika Anda memiliki kesempatan untuk menggunakan bantuan atau jasa dari seorang profesional, seperti arsitek dan desainer rumah.

Walaupun begitu, secara sederhana dan praktis, Anda hanya perlu menerapkan elemen-elemen kunci ini pada exterior rumah Anda.

Selain memerhatikan desain dan konsep dasarnya terlebih dahulu, Anda tidak perlu ribet menggelontorkan lebih banyak bujet lagi untuk memiliki desain exterior impian.

1. Padukan warna cat untuk exterior rumah

Memilih perpaduan warna untuk exterior rumah memegang peranan yang sangat penting. Nyatanya dengan perpaduan yang cerdik dan cantik, Anda juga dapat turut menyembunyikan kekurangan-kekurangan dari bagian luar hunian, seperti ukuran yang kecil.

Tentukan warna utama dari kombinasi warna apa pun terlebih dahulu. Kemudian, kombinasikan dengan warna dengan nada satu tingkat lebih terang atau gelap dari warna utama tersebut.

2. Pilih tampilan pintu yang unik dan cantik

Selain memadukan warna untuk desain exterior Anda, sesuaikan segala macam elemen agar membentuk kesatuan exterior yang apik. Salah satunya, pilih pintu masuk dengan konsep yang unik hingga welcoming.

Manfaatkan konsep menonjol untuk pintu untuk kekuatan tersendiri sebagai penanda area masuk. Pintu dengan warna cerah cocok dengan kombinasi warna gelap. Teralis pintu juga dapat berfungsi sebagai pelengkap dan aksen sebuah desain exterior.

3. Fungsikan jumlah dan tampilan jendela

Sedikit banyak, model jendela yang digunakan akan memengaruhi keseluruhan konsep exterior rumah. Pada dasarnya, jendela yang terpampang dari luar ini merefleksikan suatu gaya arsitektur.

Tentukan terlebih dahulu arah atau gaya arsitektur Anda, untuk diaplikasikan pada pemilihan jumlah dan tampilan jendela rumah. Selain sebagai aksen sebuah desain exterior, jendela tentunya berperan sebagai akses masuknya cahaya dan penyedia sirkulasi udara, ya.

4. Bermain dengan bentuk atap yang tepat

Item exterior yang satu ini ternyata tidak hanya bertindak sebagai pelindung segala hal yang terdapat dalam bangunan, tetapi juga suatu pelengkap bernilai estetik jika dipilih dengan tepat.

Selain mementingkan atap dengan durabilitas tinggi, Anda bisa bermain dengan variasi atap dari berbagai bahan yang nantinya menunjukkan presentasi yang bervariasi pula. Sekelas dengan atap, pemasangan lampu dinding maupun lampu taman minimalis memegang kuncian dalam menegaskan desain yang ditampilkan pada sektor exterior.

Dari keempat elemen kunci ini, semoga Anda dapat memperoleh inspirasi dan pencerahan sebelum benar-benar melakukan dekorasi pada desain exterior rumah Anda. Tidak hanya dari segi keamanan dan kenyamanan tinggal, elemen-elemen tadi akan membuat hunian Anda memiliki nilai lebih dengan exterior yang terpadu dan asri.