Kenali Jenis Jam Tangan Pria Sesuai Penampilan

Spread the love

Jam tangan merupakan salah satu aksesoris fashion yang sangat penting bagi kita kaum adam. Juga bisa dibilang jam tangan merupakan statement wear bagi pria, hampir setara dengan tas wanita yang merupakan statement wear mereka.

Oleh karena itu, mengetahui berbagai macam jenis jam tangan pria juga merupakan hal yang sangat penting agar tampilan anda bisa kece secara maksimal.

Fungsi utama untuk jam tangan memang merupakan penunjuk waktu disetiap anda berada, sehingga sebagian pria sering tidak peduli terhadap jenis jam tangan yang mereka gunakan. Akan tetapi, kesalahan menggunakan jam tangan dapat berakibat sangat fatal. Bukan sekedar merusak style, melainkan keawetan jam tangan anda juga bisa terancam.

Alasan Jam Tangan Dibuat dalam Berbagai macam Jenis yang Berbeda!

Coba sekarang bayangkan jika anda memakai jam tangan dengan bahan strap rantai yang memberikan kesan elegan untuk bertanding bulutangkis. Apa yang akan mungkin terjadi? Ada dua kemungkinannya yakni:

* Anda akan dianggap aneh karena jam tangan yang berkesan glamor tidak cocok dengan baju olahraga yang anda pakai (kecuali anda berolahraga dengan Formal Suit)
* Jam tangan bagus anda bisa mudah terkena lecet akibat benturan saat sedang bermain

Sudah mulai terbayang kenapa pemilihan jenis jam tangan menjadi hal yang sangat penting? Singkatnya, jam tangan juga dapat memperkuat kesan penampilan anda sesuai aktivitas yang anda lakukan, dan tentunya melindungi jam tangan anda dari aktivitas yang tidak sesuai.

Jika anda sangat care dengan style maupun isi dompet, maka mulai sekarang pakailah jam tangan yang pas di momen yang tepat.

Beberapa Jenis Jam Tangan Pria Sesuai Tampilan

Jam tangan pria juga dapat dibagi menjadi beberapa kategori. Jika berdasarkan cara menampilkan waktu, jamtangan dapat dibagi menjadi jam analog dan juga jam digital. Anda pasti sudah tahu untuk pembagian seperti itu.

Nah, jika berdasarkan penampilannya, setidaknya ada 7 jenis jam tangan pria yang bisa kita kelompokkan:

1. Jam Tangan Klasik / Kasual (Casual Watch)

Jam Tangan Klasik / Kasual (Casual Watch)

Jenis jam tangan yang satu ini merupakan jam tangan pria yang paling mudah anda temukan di toko jam tangan. Ciri utamanya adalah strap dari bahan kulit (asli atau imitasi) dan desain yang cenderung sangat simple.

Jam tangan kasual biasanya hanya menampilkan satu jenis waktu saja yakni analog atau digital. Beberapa jam tangan kasual modern sudah dibekali fitur waterproof dan stopwatch yang sederhana (untuk yang digital).

2. Jam Tangan Formal (Dress Watch)

Jam Tangan Formal (Dress Watch)

Untuk anda yang senang dengan penampilan formal, anda wajib punya jam tangan jenis ini. Dress Watch biasanya memiliki strap yang berukuran besar dari bahan rantai atau stainless steel, dan ada dua warna hanya bervariasi antara silver atau gold. Fungsi utama jam tangan ini adalah menambah kesan yang sangat elegan pada keseluruhan penampilan, sehingga jam ini biasanya bersifat analog.

Jam tangan jenis ini kurang direkomendasikan untuk digunakan saat anda menggunakan penampilan kasual ataupun semi-formal. Selain itu, Dress Watch juga lebih cocok dipakai di acara-acara resmi atau ngantor dengan pakaian formal.

3. Jam Tangan Chronograph (Chronograph Watch)

Jam Tangan Chronograph (Chronograph Watch)

Anda mungkin pernah lihat jam tangan yang memiliki banyak waktu petunjuknya? Sebenarnya itu bukan penunjuk waktu, akan tetapi pengukur waktu alas stopwatch. Oleh karena itu, jam tangan ini bisa anda gunakan jika anda aktif berolahraga atau beraktivitas yang memerlukan perhatian extra pada pengukuran waktu (seperti guru dan dosen, untuk mengawasi ujian).

Dari segi desain untuk jam tangan jenis ini biasanya memiliki desain desain strap yang sangat simple (umumnya kulit). Jam tangan ini memberikan kesan yang sangat keren dan maskulin, tetapi jika anda jarang memakai fungsi stopwatch ya kemungkinan sangat mubazir, lebih baik alihkan budget anda untuk jam tangan kasual dan formal.

4. Jam Tangan Sporty (Sport Watch)

Jam Tangan Sporty (Sport Watch)

Jam tangan yang satu ini sangat cocok untuk anda yang punya active lifestyle dan suka tampil berbeda dengan yang lainnya. Jam tangan jenis ini biasanya merupakan jam tangan digital atau campur dengan analog agar mudah dan cepat dalam menunjukkan waktu.

Selain itu, jam tangan jenis ini juga dilengkapi dengan fitur seperti stopwatch, GPS, dan waterproof.

Untuk desain jam tangan jenis ini biasanya cukup berani dengan kombinasi warna yang kontras. Jadi, anda akan sangat cocok menggunakan jam tangan ini ketika anda berpenampilan sporty wear ataupun casual yang bukan monochrome style (kecuali kalau warnanya memang hitam).

5. Jam Tangan Pintar (Smartwatch)

Jam Tangan Pintar (Smartwatch)

jam tangan yang sangat ngetren ini memiliki segudang fitur yang sesuai dengan namanya. Jam tangan smartWatch umumnya memiliki fitur touch screen; aplikasi standar smartphone seperti text messaging, calendar, music; dan bahkan ada juga fitur untuk mengukur kondisi vital tubuh.

Desain untuk jam tangan smartwatch sangat bervariasi, dari yang simple elegant hingga yang model colorful. Saran kami, sesuaikan smartwatch yang akan anda beli dengan fitur yang dimiliki dan gaya hidup anda. anda bisa memakainya untuk aktivitas sehari-hari, acara formal, maupun olahraga, tergantung dari jenis fitur dan tampilannya.

6. Jam Tangan Khusus (Specialized Watch)

Jam Tangan Khusus (Specialized Watch)

Anda pernah dengan jam tangan khusus astronot atau jam tangan khusus penyelam? Beberapa jam tangan yang didesain untuk profesi tertentu agar dapat mendukung aktivitas mereka secara penuh.

jam tangan jenis ini lebih mengutamakan fitur, meskipun desainnya yang tidak kalah keren dengan jam tangan jenis lainnya.

Sebagai contoh, jam tangan penyelam atau Diver’s watch memiliki tingkat water resistant yang jauh lebih tinggi daripada jam tangan sporty maupun kausal.

7. Jam Tangan Mewah (Luxury Watch)

Jam Tangan Mewah (Luxury Watch)

Jam tangan jenis ini biasanya memiliki pernak-pernik tambahan yang sebenarnya tidak terlalu penting oleh sebuah jam tangan. Misalnya, ada batu akik atau strap jamnya yang terbuat dari emas murni. Umumnya ada material mahal yang terkandung pada jam tangan jenis ini, meskipun dari segi tampilan hampir sama dengan jam tangan formal.

jam tangan ini biasanya akan lebih sering dipajang sebagian dari koleksi para kolektor jam tangan. Jika anda gunakan, maka sangat cocok untuk pergi ke acara-acara yang berkesan untuk meningkatkan kesan elegan dan superior dari sisi pemakaian.

Tips Tambahan untuk Menjaga Jam Tangan dalam Kondisi Baik

Siapapun anda pastinya ingin barang yang telah anda beli dan anda miliki tetap dalam kondisi yang baik bukan?

Berikut untuk jam tangan ada beberapa tips yang bisa anda terapkan dalam menjaga kondisinya.

* Hindari menaruh jam tangan tersebut (terutama yang strap-nya dari kulit) di dalam parfum, wadah air, atau semacamnya. Air dan juga bahan kimia dari parfum berpotensi merusak dan mengubah penampilan strap kulit.

* Jangan meletakkan jam tangan dalam posisi di bawah (contoh seperti saat ditaruh di meja, mata jam menempel dengan meja). Hal yang seperti ini bisa membuat area mata jam lebih cepat rusak.

* Coba lakukan pengecekan berkala ke toko jam tangan setiap 3 minggu. Jadi jika ada tanda-tanda rusak atau berkarat, bisa segera diperbaiki.

* Saat melakukan aktivitas atau olahraga yang extrim, sebaiknya anda tidak menggunakan jam tangan (kecuali anda beraktivitas dengan specialized wrist watch yang didesain untuk aktivitas tersebut). Hal yang seperti ini untuk meminimalisir kerusakan yang mungkin terjadi.

* Untuk jam tangan yang mewah, sebaiknya anda letakkan pada tempat jam tangan yang sudah diberikan jika tidak sedang memakainya. Jika tidak ada tempatnya, belilah kotak penyimpanan jam tangan mewah untuk menjaganya.

Jadi, Jam Tangan Pria Mana yang Menjadi Favorit anda?

Setelah mengetahui berbagai macam jenis jam tangan di atas, mana yang jadi favorit jam tangan anda? Pastikan anda menggunakan jam tangan yang tepat dan cocok dengan penampilan. Jika saja anda tidak punya budget yang cukup, juga masih bisa pakai jam tangan kasual / klasik di mayoritas aktivitas untuk bermain aman demi penampilan.