Mengenal Rumah Minimalis 2 Lantai

Spread the love

Dewasa ini, rumah minimalis 2 lantai adalah salah satu jenis rumah yang paling dicari dan disukai. Rumah dengan konsep minimalis, serta area sebanyak dua lantai, menjadi solusi yang tepat nan terjangkau bagi Anda yang ingin memiliki hunian yang sesuai dengan gaya hidup modern. Keterbatasan lahan seharusnya tidak menyurutkan keinginan untuk memiliki hunian yang lapang. Maka dari itu, model vertikal yang diperoleh dari sebuah rumah dua lantai, serta gaya minimalis yang membuatnya terlihat baik, sangat patut dicoba bagi Anda yang ingin membangun hunian di zaman sekarang.

Artikel ini akan membahas contoh-contoh tipe rumah yang ada di lapangan, fungsi dari memiliki rumah dua lantai yang dibangun dengan dasar konsep minimalis, serta ragam inspirasi desain untuk bangunan rumah dua lantai bergaya minimalis.

Tipe Rumah 2 Lantai Minimalis

Lahan seadanya pasti masih dapat dimanfaatkan secara maksimal, antara lain dengan membangun rumah minimalis 2 lantai. Di daerah perkotaan, sebuah tipe pada suatu perumahan sering kali dapat dijadikan acuan untuk membangun rumah sendiri.

  1. Tipe 36

Areal yang tidak terlalu besar membuat kita sering kali memutar otak, dan maka dari itu menemukan solusi praktis berupa membangun hunian dengan tipe 36. Rumah dengan tipe 36 memiliki total luas 36 meter persegi. Dalam hal ini, komposisi rumah dapat dibagi merata untuk kedua lantai yang diinginkan, maupun sesuai dengan selera.

Dengan kreativitas dan ketrampilan tertentu, rumah dengan tipe 36 nyatanya masih mampu untuk mengakomodasi adanya kamar tidur dan tamu, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan kamar mandi yang dikemas secara efektif. Pada lantai atasnya, balkon mini dapat diupayakan untuk hadir sebagai pelengkap hunian asri Anda.

  1. Tipe 45

Bertambah sedikit dari luas lahan pada tipe sebelumnya, tipe 45 cocok untuk Anda yang kiranya membutuhkan hunian dengan suasana yang lebih lega. Sama halnya dengan tipe sebelumnya, rumah dengan 45 adalah bangunan yang memiliki total luas 45 meter persegi.

 

Budget untuk membangun rumah dengan jenis ini nyatanya dapat dikustomisasikan agar tidak terlalu membengkak. Kuncinya masih pada ketrampilan mengonversi fungsi. Rumah dengan tipe ini mampu mengakomodasi kebutuhan berupa tiga atau lebih kamar tidur dan tamu, ruang tamu dan keluarga, dapur dan area makan, serta kamar mandi.

Fungsi Rumah 2 Lantai Minimalis

Berdasarkan penjelasan akomodasi yang mampu diberikan dari sebuah rumah dua lantai tadi, Anda tentu semakin yakin bahwa rumah dengan tipe ini akan tetap membuat Anda tinggal dan hidup dengan aman dan nyaman, bukan?

Selain dari akomodasi lengkap dari sebuah rumah dua lantai, fungsi-fungsi lainnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan akan membuat Anda menjadikan rumah tipe ini sebuah referensi utama bangunan kelak jika Anda akan membutuhkannya.

  1. Fungsi ruangan yang lebih efektif

Pemadatan yang dilakukan untuk dapat mengambil manfaat semaksimal mungkin di area yang seadanya justru dapat berdampak pada efektivitas fungsi ruangan. Setiap ruang yang ada di rumah dua lantai ini dapat difungsikan secara optimal dan efisien. Rumah dengan jenis ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk kehidupan yang ringkas nan tertib.

  1. Desain apik

Rumah dengan dua lantai dapat tetap terlihat cantik dan sesuai dengan tren. Terlebih jika rumah ini dibangun dengan gaya minimalis, interior dan eksterior yang mendukung akan membuat area hunian tidak hanya enak untuk ditinggali, tetapi juga menawan secara penampilan.

  1. Menyediakan dan menjaga privasi

Keuntungan lainnya yang mungkin tidak diprediksi sebelumnya adalah adanya privasi dari sebuah rumah dua lantai. Penempatan area pribadi dan publik dapat diatur dalam zonasi yang jelas, sehingga privasi pemilik rumah dan orang-orang yang ada di dalamnya bisa terjamin.

Contoh Inspirasi Rumah 2 Lantai Minimalis

Rumah minimalis 2 lantai dapat secara mudah ditampilkan melalui garis tegas di bagian luar, penggunaan material-material kayu pada elemen hunian, serta warna netral dan perabotan fungsional di bagian dalam. Bagian terakhir artikel ini akan memberikan ada inspirasi akan desain minimalis untuk rumah dua lantai.

  1. Tema natural

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia, inspirasi alam berupa tanaman dan bahan dasar yang berasal dari alam dapat diimplementasikan secara manis di rumah dua lantai. Desainnya dapat berawal dari sesuatu yang sederhana. Kesan natural yang kuat kemudian diwujudkan dari kombinasi warna alam, pengaplikasian bahan dasar kayu, serta fasad dan pojok-pojok rumah yang dihiasi tumbuhan.

  1. Tema industrial

Jika Anda ingin berani untuk menampilkan rumah sebagai karya yang eksentrik, Anda dapat mencoba tema industrial dengan pemanfaatan materi-materi bernuansa industri. Rumah minimalis 2 lantai dengan perpaduan gaya industrial Anda akan dihiasi dengan dominasi bahan dasar besi atau logam, serta penempatan elemen-elemen kaca pada sejumlah sudut rumah. Untuk menjaga ketenangan atmosfernya, ada baiknya ada berkreasi secara aman dengan warna-warna kalem.