Tips Memilih Kain Batik

Spread the love
Tips Memilih Kain Batik
sumber : pinterest.com

Memilih kain batik berkualitas tinggi terkadang jadi hal yang membingungkan. Terutama bagi kamu yang masih pemula dan tidak tahu apa-apa mengenai kain, terutama kain batik.

Biasanya semakin tinggi kualitas batik, semakin mahal pula harganya. Tidak hanya itu saja, semakin tinggi kualitas batik maka semakin nyaman pula saat dikenakan.

Untuk membantu kamu menemukan batik berkualitas, berikut kami bocorkan beberapa tipsnya.

1. Tentukan jenis batik yang ingin dibeli

Gambar Kain Batik Tulis
sumber : cdn.medcom.id

Sebelum beli, sebaiknya tentukan dulu jenis kain batik seperti apa yang kamu inginkan. Apakah batik cetak atau batik tulis. Kedua jenis kain batik ini tentu punya kualitas dan harga yang berbeda.

Batik tulis dijual dengan harga lebih mahal dari batik cetak sebab kualitasnya yang lebih bagus. Selain proses pembuatannya yang lebih lama dan rumit, batik tulis biasanya dibuat dalam jumlah terbatas sehingga lebih eksklusif. Sedangkan batik cap bisa dibuat dalam jumlah yang banyak.

Hal inilah yang membuat batik tulis memiliki kualitas dan harga lebih mahal dibanding batik cap. Bagi kamu yang belum tahu, perbedaan batik tulis dan batik cap bisa dilihat dari beberapa hal.

Pada batik tulis, setiap corak gambar yang ada pada kain akan selalu berbeda satu sama lain. Sedangkan pada batik cetak, motif maupun coraknya akan selalu sama.

Hal ini dikarenakan, batik tulis dibuat langsung dengan tangan manusia sehingga bisa saja terjadi kesalahan saat proses pencantingan.

2. Perhatikan jenis bahan

Jenis Batik
sumber : pegipegi.com

Setiap kain batik biasanya dibuat dengan jenis bahan berbeda-beda.  Tidak hanya mempengaruhi kualitas, jenis bahan juga sangat mempengaruhi kenyamanan batik saat dikenakan.

Untuk itu sangat disarankan memilih jenis kain batik sesuai kebutuhan. Misalnya untuk acara formal atau pesta, kamu bisa memilih bahan batik sutra. Kain sutra yang lembut sangat sempurna untuk dijadikan busana formal.

Sedangkan untuk kegiatan sehari-hari, pilihlah kain batik berbahan katun. Kain katun yang mudah menyerap keringat akan membuatmu lebih nyaman dan tidak mudah gerah.

Selain kedua bahan tersebut, masih ada beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat kain batik, seperti kain paris, kain mori, dan kain serat nanas.

3. Pilih motif yang diinginkan

Motif Kain Batik Ekslusif
sumber : bukalapak.com

Satu lagi yang tak kalah penting dalam memilih kain batik, yaitu motif. Ada banyak sekali motif batik di Nusantara. Mulai dari batik mega mendung, batik sidomukti, batik parang, batik pekalongan, batik bali, dan masih banyak yang lainnya.

Pilihlah kain batik dengan motif yang jarang dimiliki orang-orang supaya batik milikmu terlihat eksklusif. Semakin rumit motifnya, semakin tinggi juga nilai batik tersebut.

4. Cek kualitas cetakan di kedua sisi

Kain Batik Tulis
sumber : phinemo.com

Batik yang berkualitas seharusnya memiliki cetakan yang sama di kedua sisi. Jadi saat membeli batik, cobalah balik kain batik dan cek kualitas cetakan di bagian luar dan dalam.

Jika motif dan warna di kedua sisi sama, itu artinya kain batik tersebut berkualitas dan telah melewati proses pembuatan yang detail.

Kain batik seperti ini juga lebih awet dibanding jenis kain batik yang bagian luar dan dalamnya berbeda.

5. Cek kualitas warna batik

Tips Memilih Kain Batik
sumber : pinterest.com

Selain melihat kualitas cetakan, kamu juga harus memperhatikan warnanya. Untuk mengetahui kualitas pewarnaan yang bagus, cobalah raba warna permukaan kain batik tersebut.

Batik yang berkualitas baik seharusnya tidak meninggalkan bekas warna di kulitmu. Jika batik meninggalkan bekas warna dikulit, artinya kain batik tersebut memiliki kualitas pewarnaan yang kurang bagus.

Kain batik seperti ini juga mudah luntur dan pudar jika sudah dicuci berkali-kali.

6. Tempelkan batik di kulit

Gambar Kain Batik
sumber : pinterest.com

Tips terakhir memilih kain sekaligus baju batik berkualitas adalah dengan menempelkannya pada kulit. Jika terasa dingin saat menyentuh kulit, berarti kain batik tersebut memiliki kualitas bahan yang bagus.

Jenis kain batik seperti ini biasanya juga tidak mudah luntur dan kusam meskipun sudah dicuci berkali-kali. Jika kamu menemukan kain batik yang terasa kaku, jangan langsung beranggapan jika itu tidak bagus. Kain batik seperti ini tidak akan kaku lagi setelah dicuci.

Nah, itulah 6 tips memilih kain batik berkualitas mulai dari bahan, motif, dan warna. Semoga tulisan ini dapat membantu kamu agar tidak salah beli lagi.

Terima kasih !